Sabtu, 16 November 2013

Word of Mouth Fitaqua Promotion


The Power Of "Word Of Mouth" Promotion

 

Saat ini saya sedang menggeluti bisnis Air Minum Isi Ulang dengan brand fitaqua. Mimpinya sih akan ditingkatkan menjadi Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) gallon, botol dan gelas. Namun lihat dulu perkembangannya. Saya yakin punya prospek, karena prosesnya menggunakan teknologi terkini yaitu reverse osmosis, ditambah proses ozone dan bio ceramic serta ultra violet.

Saya sangat bersyukur karena keluarga mendukung dan juga teman-teman, bahkan sebagian besar teman-teman dengan sukarela membantu memasarkan dengan kekuatan iklan dari mulut ke mulut atau yang biasa dikenal dengan istilah “the power of “word of mouth” promotion. Teman-teman sekerja sangat membantu dengan sistem iklan dari mulut ke mulut ini, karena multiflyer effect yang ditimbulkannya cukup dahsyat. Terbukti dengan secara perlahan tapi pasti pelanggan air minum fitaqua mulai bertambah.

Promosi klasik yang efektif

Mari kita coba membahas mengenai betapa hebatnya kekuatan dari promosi yang ditawarkan dari mulut ke mulut ini. Dimana rahasia keberhasilannya dalam menjaring para pelanggan?

Kekuatan “Word of Mouth”

Sekarang mari kita pelajari secara singkat mengenai “word of mouth” ini. Dalam WOMMA atau Word of Mouth Marketing Association, definisi “word of mouth” adalah ”Word of Mouth is the voice of the costumer, a natural, genuine, honest process, people seeking advice from each other, consumers talking about products, services, or brands that they have experienced.”

WOM adalah komunikasi dari orang ke orang antara sumber pesan dan penerima pesan dimana penerima pesan menerima pesan dengan cara tidak komersial mengenai suatu produk, pelayanan atau merek.  Blackwell juga mengemuakakan definisi WOM sebagai “transmisi secara informal tentang ide-ide, komentar, opini dan informasi antara dua orang dimana kedua-duanya bukan tenaga pemasar”.

Dalam beberapa penelitian yang dilakukan membuktikan bahwa konsumen yang menerima informasi melalui “word of mouth” yang positif memberikan perhatian yang lebih terhadap suatu produk dan memiliki minat beli yang lebih tinggi. WOM dikenal sebagai alat yang memiliki kekuatan yang besar dalam mempengaruhi pilihan para konsumen, selain juga memang banyak perusahaan yang memanfaatkan konsumen yang merasa puas sebagai subyek yang bisa mempromosikan kepada calon konsumen lainnya. WOM ini merupakan sarara promosi yang murah dibandingkan dengan cara-cara lainnya.

Penelitian lain juga menghasilkan kesimpulan bahwa WOM tentang suatu produk ini dapat efektif mempengaruhi perilaku dan minat beli seseorang terhadap produk tersebut. Bahkan WOM merupakan salah satu promosi yang dominan dibandingkan dengan iklan karena konsumen cenderung  mengambil keputusan dalam pembelian produk setelah melihat iklan, dan menanyakan lebih lanjut kepada seseorang.

Konsumen cenderung mencari informasi kepada seseorang yang memiliki rekomendasi mengenai produk tersebut. Ini merupakan suatu fakta bahwa memelihara existing costumer itu jauh lebih murah dibandingkan kita mengakuisisi pelanggan baru. Dengan memelihara hubungan baik dengan existing client maka “word of mouth” yang mereka lakukan sangat efektif untuk medapatkan client baru. Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh promosi dari mulut ke mulut di sebuah Resort, dan bagaimana index kepuasan pelanggannya dan yang terakhir apakah ada hubungannya antara promosi dari mulut ke mulut dan kepuasan pelanggan resort atau hotel?

Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi dari mulut ke mulut merupakan suatu cara promosi personal yang paling ampuh untuk mempengaruhi konsumen dalam memasarkan suatu barang atau jasa. Mengapa demikian? Karena dalam promosi ini terdapat rekomendasi dari kerabat dekat yang dijadikan sebagai sumber informasi yang dapat dipercaya ditengah banjirnya iklan dikalangan konsumen.

Mengutip dari apa yang pernah disampaikan oleh Bernhard Sumbayak – Founder dari Vibiz Consulting Group, WOM adalah promosi yang sangat ampuh karena di dalamnya mengandung “third party endorsement” atau pengakuan yang murni dari pihak ketiga, yang dianggap sebagai suatu informasi yang benar dan tanpa embel-embel pesan sponsor karena disampaikan oleh kerabat yang tidak berorientasi pada uang atau insentive tertentu.

Tentu saja program promosi ini harus juga ditunjang oleh pelayanan yang memuaskan dari petugas pelayanan dalam kegiatan bisnis apapun itu. Kalau tidak maka promosi ini tidak terlalu berdampak membawa pelanggan. Semoga dengan sistem pemasaran yang satu ini, pemasaran air minum fitaqua RO saya semakin meningkat, dan impian saya terwujud. Amin. Salam sehat fitaqua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar